Welcome to Tika's Blogs.....

Enjoy it.......

Selasa, 28 Oktober 2008

Abie mo Makan bu…

“Abie mo maem bu”, mungkin Abie bakal ngomong seperti itu kalo udah bisa ngomong.

Abisnya kalo liat orang lg makan dia suka ikut ikutan, abie kadang niruin orang yg lagi ngunyah makanan sambil ngliatin orang yg lagi makan ..ya ..seperti orang yang lagi mupeng pengen makan. Sebenarnya Abie bertingkah ini dah lama, sekitar dia umur 1 bulanan. Tapi sampai sekarang (umur 5 bulan) aku masih belum berani kasih dia MPASI (Makanan Pendamping ASI).
Masih takut…coz waktu aku baca-baca artikel di internet kty baby kalo dipaksaain dikasih MPASI sebelum usia 6 bulan ada reaksi awalnya, ada yang cocok dan ada yang nggak, semua itu tergantung kondisi baby nya. Dan setelah aku konsul ke DSA abie beliau nyaranin kalo kasih MPASI ntar ajah nunggu abie umur 6 bulanan, karena ini ditakutkan ada reaksi awal yg kurang bagus, bisa infeksi saluran pencernaan sampai bisa memicu gejala autis…Naudzubillah mindzalik..jangan sampai itu terjadi.

Pemberian makanan pertama pada bayi bukan hanya memberikan asupan gizi kepadanya, ada aspek lain seperti :
Trainning
Makan bagi bayi merupakan proses berlatih, berlatih menelan, berlatih mengenal rasa. Usahakan pada saat makan bayi didudukkan dan tidak digendong2.
Jangan biasakan makan sambil menonton TV

Fun
Jadikan saat makan bagi bayi adalah saat yg paling menyenangkan so..jangan sampai ada pemaksaan. Jadikan suasana yg menyenangkan dan dengan kebersamaan keluarga.

Variety
Makanan yg diberikan harus bervariasi.biasakan menyusun menu yg memenuhi komposisi 4 sehat 5 sempurna


Healthy
Upayakan makanan yg dikonsumsi adalah buatan sendiri yg sudah memenuhi komposisi yang baik , segar dan bebas bahan pengawet. Usahakan sayur diberikan secara terpisah, ini guna mengenalkan rasa sayur sejak dini. Hindari pemakaiaan garam sampai usia 1 thn juga jangan dibiasakan mengkonsumsi gula/makanan manis. Usia 6 bulan makanan lembut tetaapi sesudah itu berangsur angsur menjadi kasar. Usia 1 tahun sudah dapat mengkonsumsi makanan kita. Jangan berikan snack karena dapat mengurangi nafsu makan saat makan besar. Kalaupun akan memberikan snack – berikan yang sehat (buah, sayur mis timun, labu siam kukus, wortel). Setiap memperkenalkan makanan baru, satu saja jangan diberikan lebih dari satu makanan baru dalam 1 hari. Kalau bayi mengalami reaksi alergi kita bisa mengetahui dengan pasti terhadap apa dia alergi.

On Schedule
Membiasakan makan sesuai jadwal. Untuk trial pertama baby makan 1x sehari kemudian ditambah 2x sehari sampai 3x sehari. Pagi makanan setengah berat (bubur susu, oat meal, roti, biskuit).Siang buah padat dicampur susu (alpukat, apel kukus, pear kukus, labu kuning/pumpkin kukus). Sore – makan berat. Kentang kukus dengan susu dan parutan keju (mashed potato), ubi kukus dihaluskan tambah susu, jagung sisir kukus tambah susu dan keju, nasi (tim) Selingan satu kali (pagi atau sesudah makan siang) air buah.

Compotitions
Karbohidrat

· 6 bulan: tepung beras, tepung maizena, biskuit.
· Berangsur-angsur minggu per minggu : kentang, ubi merah, jagung, makaroni, roti,
oat meal, nasi (bubur atau tim)
Cara masak:
· Tepung dimasak dengan air sampai matang baaru masukkan susu (formula atau ASI).
· Kentang, ubi, jagung manis disisir, dikukus. Haluskan, campurkan susu, tambahkan parutan keju
· Roti tambah susu, blender
· Oat meal dimasak dengan air sampai lembut. Matikan api masukkan susu

Protein - Lemak
· 6-8 BULAN: Susu, yoghurt, kuning telur (ambil setelah telur direbus) keju parut, kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, ayam cincang (tanpa kulit), daging cincang (pilih daging tanpa lemak, cincang sendiri), ati
· 9 BULAN: ikan
Cara masak:
· Yoghurt dimakan dengan buah
· Ayam/daging dan tahu tempe dimasak bersama makaroni atau dikukus, campurkan dengan kentang, jagung
· Makan disertai sup. Buat sup bening biasa (ayam/daging), sup krim jagung, sup kacang merah/hijau, blender, campur susu.

Vitamin - Mineral
· BUAH: pisang, jeruk, pepaya, pear, apel, melon, semangka, mangga, alpukat
· SAYUR 6 Bulan: kacang polong, wortel, brokoli, bayam, labu siam, kangkung, buncis, kembang kol, sawi hijau
Cara masak:
· Pear, apel, dikukus
· Sayur dikukus, dihancurkan, atau di blender

Food for special conditions
- Diare: makanan tanpa sayur (tanpa serat) 2-3 hari
- Muntah: makanan volume lebih sedikit tetapi lebih sering. Kalau perlu susu diencerkan sedikit (supaya tidak mual)
· Panas dan pasien tak mau minum atau seriawan: susu agak diencerkan, air buah, jus buah agak kental buat sebagai es batu.
· Kalau di atas 6 bulan, bubur kacang hijau dengan susu, blender, buat es. Fruit milk shake – buah dengan es krim vanilla dan susu, diblender (kalori besar, sama dengan satu mangkok nasi). Puding dingin dengan susu dan telur kuning.

CONTOH MENU
Minggu awal saat usia 6 bulan:
tepung beras, alpukat, biskuit, bubur tepung susu ini bisa diberi rasa dengan menambahkan buah atau keju parut labu kuning, apel, tepung maizena, dst. Usia 6 bl minggu berikutnya:
oat meal, buah, kentang, kentang, buah, nasi tim (sayur jangan dicampur) ubi, buah

Tidak ada komentar: