Welcome to Tika's Blogs.....

Enjoy it.......

Minggu, 07 September 2008

Jenis Tepung Terigu..

Hi blogger..ada yg pernah nyoba2 resep kue truz gagal ga ?? klo aku se sering he he maklum msh amatir..tp skr dah mendingan ko,dah mulai “agak” pinter bikin kue..ha ha..(..itu se kata ayahnya Abie..) tp klo ga percaya boleh ngincip ko..dijamin maknyusssssss…

Eh tau ga apa yg bikin kue ga ngembang alias bantat ato kue keringnya keras, itu salah satunya adalah TEPUNG….ini aku sadur dari artikelya Budi Sutomo sang ahli kuliner..(makasih ya Chef..)

  • Hard Wheat (Terigu Protein Tinggi) yg lebih dikenal dengan terigu Cakra Kembar. Terigu jenis ini cocoknya buat bikin roti, mie dan pasta karena sifatnya yg elastis .
  • Medium Wheat (Terigu Protein Sedang) ato yg lebih dikenal ma terigu segitiga biru. Nah kalo yg jenis ini cocokya buat bikin donat, bakpau, bapel, panada atau aneka cake dan muffin.
  • Soft Wheat (Terigu Protein Rendah) yg lebih dikenal ma terigu Cap kunci. Terigu ini cocoknya buat kue kering , Biskuit, pastel dan kue2 yg tidak memerlukan proses fermentasi.
  • Self Raising Flour, jenis tepung ini agak jarang dipasaran..sifat tepung ini lebih stabil jadi tak diperlukan lagi pengembang adonan. Klo susah ndapetinnya bisa dengan nyampurin 1kg terigu ma 1sdt bakig powder. Tepung ini juga cocok buat cake, muffin dan kue kering
  • Enriched Flour adalah tepung yg dah disubtitusi ma beragam vitamin ato mineral buat memperbaiki kandungan gizinya jadi agak mahal..tepung ini cocok buat kue kering dan bolu.
  • Whole Meal Flour. Tepung jenis ini dibuat dari biji gadum utuh termasuk dedak sehingga warnanya agak lebih gelap..Tepung ini cocok buat menu diet dan makanan kesehatan karena kandungan serat (fiber) dan proteinnya lebih tinggi.

Tidak ada komentar: